Profesi-profesi Menjanjikan di Bidang Teknologi dan Informasi

Hosting Gratis

Unduh Adobe Flash player

Profesi-profesi Menjanjikan di Bidang Teknologi dan Informasi

on Monday 27 April 2020

Perkembangan di bidang teknologi dan informasi di Indonesia ternyata masih membutuhkan dorongan agar sejajar dengan negara-negara lain. Dalam hal ini, ir Dedi Yudianto MBA selaku pendiri Cyber Park Indonesia serta Genta Foundation Cyberpreneur mengungkapkan bahwa SDM di sektor TIK dinilai belum memenuhi kebutuhan. 

 

Di sisi lain, industri TIK akan sangat memerlukan SDM terampil untuk menggerakkan roda perekonomian. Dedi yang sudah lama berkecimpung di dunia TIK menunjangnya dengan membuat sejumlah program seperti Cyberpreneur di jenjang sekolah menengah. Dengan begitu, para lulusan dapat menggunakan keterampilan mereka secara maksimal. Adapun profesi-profesi di bidang TIK yang bisa dipilih untuk memfokuskan kemampuan, antara lain:


  • Web development

Dewasa ini, website telah berevolusi menjadi wadah bisnis dan komunikasi di era digital. Oleh karena itu, banyak pihak yang membutuhkan web developer untuk merancang situs yang mereka butuhkan. Pemahaman di bidang TIK yang diasah sejak dini membantu para developer muda untuk membuat website profesional sekaligus mudah dikelola siapa pun.

  • Startup

Perusahaan rintisan atau startup yang sedang tren selama beberapa tahun terakhir diprediksi akan semakin diminati. Sebenarnya untuk mengurus sebuah startup, seseorang hanya membutuhkan konsep matang dan penguasaan materi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Sebagian di antaranya berkaitan dengan TIK, sebagian lagi menyinggung perekonomian digital.

  • Desainer grafis

Beberapa tahun lalu, profesi yang satu ini masih dipandang sebelah mata. Berbeda dengan saat ini kala sejumlah bisnis memerlukan orang-orang yang lihai mendesain konten untuk dipajang di media sosial. Seorang desainer grafis tak hanya dituntut peka dengan desain, melainkan juga menguasai hal-hal yang berhubungan dengan TIK.

  • Pengembang aplikasi

Satu lagi profesi yang sangat bergantung pada bidang TIK adalah pengembang aplikasi. Pemakaian smartphone yang terus mengalami peningkatan membuat beberapa orang tertarik menjajal profesi ini. Semakin useful dan personal aplikasi yang dibuat, semakin cepat namanya dikenal pengguna ponsel pintar. Keuntungan besar pun menjadi jaminan yang dimiliki pengembang aplikasi.

 

Bagaimana, sudah memilih profesi yang akan ditekuni?

 

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot