PENEMU TELEPON SELULAR DAN TOKOH LAIN DALAM DUNIA KOMUNIKASI SELULAR

Hosting Gratis

Unduh Adobe Flash player

PENEMU TELEPON SELULAR DAN TOKOH LAIN DALAM DUNIA KOMUNIKASI SELULAR

on Friday 21 February 2014
PENEMU TELEPON SELULAR DAN TOKOH LAIN DALAM DUNIA KOMUNIKASI SELULAR
Perangkat telekomunikasi elektronik berkemampuan dasar seperti telepon konvensional saluran tetap yang bersifat nirkabel/tanpa kabel dan dapat dibawa kemana-mana biasa disebut dengan Telepon selular (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP).

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper (lahir pada tanggal 26 Desember 1928). DynaTAC adalah model pertama yang berhasil dirancang oleh Martin Cooper bersama timnya pada tanggal 03 April 1973.. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. Pada tahun 1983, Cooper dan Timnya berhasil meluncurkan telepon genggam portabel seharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta) dengan berat 2 kg, dan biaya produksi sekitar US $ 1 juta. Setelah telepon genggam diproduksi, Martin Cooper ingin mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut agar tercipta sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.

Tokoh lain dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr (lahir pada tanggal 12 Maret 1918 di Philadelphia). Amos Joel Jr mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Amos Joel Jr memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories. Di Philadelphia Amos Joel Jr menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain dibuat oleh Amos E Joel Jr dengan sistem kerja adalah untuk menghaslkan pembicaraan yang tidak terputus ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pengguna merasa nyaman. 

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot